Jumat | 12/28/2012 | 0 Comments

Pencemaran Air dan Cara Mengatasinya


Aktifitas yang dilakukan oleh ulah tangan manusia dapat mengakibatkan efek samping atau pencemaran lingkungan. Limbah pembuangan dari hasil olahan pabrik yang langsung dibuang kesungai dapat mencemari populasi disungai. Campuran bahan kimia berbahaya akan meracuni ekosistem air yang akhirnya ekosistem air rusak. Banyak ikan yang mati keracunan, tumbuhan air mati karena pengaruh bahan kimia tersebut.Tidak hanya sungai, tanah pun juga terkena dampak dari pembuangan bahan kimia. Bahan kimia itu nanti akan meresap kedalam tanah dan tercampur dalam air tanah.

Dan pernahkah terfikir dalam benak anda, air tanah yang tercemar itu akan dikonsumsi oleh banyak orang. Mungkin orang-orang industri tidak pernah memikirkan jika banyak orang yang memanfaatkan air untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Apa jadinya nanti jika air yang tercampur bahan kimia tadi diminum oleh manusia. Kandungan bahan kimia tadi akan bercampur dengan darah manusia dalam tubuh. Padahal kandungan zat kimia tersebut sangat berbahaya bagi tubuh.

Ada beberapa cara untuk memperkecil kemungkinan pencemaran air :

Mendaur ulang sampah
 Mungkin ini sedikit bisa membantu, dengan mendaur ulang sampah yang mencemari air kita dapat menyelamatkan ekosistem air dari kerusakan. Memunguti sampah dan selanjutnya menyulapnya menjadi barang-barang bernilai jual.

Penyuluhan
Sebaiknya diadakan penyuluhan untuk pemahaman para orang-orang industri. Agar mereka paham tentang bagaimana mengolah limbah demi menyelamatkan alam.

Membuat Peraturan
 Perlu dibuat peraturan yang lebih tegas. Memberikan sanksi atau hukuman yang sesuai untuk orang-orang yang tidak bertanggung jawab mencemari lingkungan.

Mungkin cara diatas dapat membantu meminimalisir pencemaran lingkungan. Bagaimana alam ini bisa bersahabat kalau kita tidak merawatnya. Untuk itu mari kita sama-sama lestarikan alam ini. Bawa indonesia menuju perubahan yang lebih baik. DON’T BROKEN THIS NATURE.

Info dan Kontak Penulis
Nama : Sriwati
Hobi : Membaca
E-mail : sriwati0@gmail.com
Facebook : Waticx Lagiepngent Cendiriajch
Tentang Penulis : Hidup lebih berarti jika bermanfaat untuk orang lain.

 
Copyright Go Nature Go Green © 2013 - All right reserved